Thunderbold Bakal Menggantikan USB?

Saturday, October 15, 2011


Intel menawarkan teknologi interkoneksi kecepatan tinggi yang disebutnya dengan Thunderbolt. Kecepatan transfernya dua kali lebih cepat daripada USB 3.0 (SuperSpeed USB). Para manufaktur perangkat sudah siap dengan pemanfaatan Thunderbolt pada produknya yang akan dirilis tahun depan. Kini baru Apple yang sudah menggunakan Thunderbolt pada MacBook Pro, MacBook Air, dan beberapa seri produk Apple lainnya.

Kecepatan transfer Thunderbolt 10Gbps, bandingkan dengan USB 3.0 yang 5Gbps. Thunderbolt 12 kali lebih cepat daripada FireWire 800 dan sampai 20 kali lebih cepat daripada USB 2.0. Thunderbolt memberikan daya 10 watt ke peranti yang tersambungkan ke port ini, sedangkan USB 3.0 hanya 4,5 watt.

Kecepatannya yang tinggi, Thunderbolt mendukung peranti penyimpanan kecepatan tinggi seperti RAID array, display HD, kotak ekspansi PCIe untuk laptop, dan aplikasi lainnya yang butuh kecepatan tinggi.

Thunderbolt mendukung dua protokol, yaitu PCI Express dan DisplayPort. Berbagai peranti yang menggunakan salah satu protokol tersebut dapat disambungkan ke port Thunderbolt. Konektor Thunderbolt memiliki saluran full-duplex, masing-masing merupakan bi-directional. Seperti juga USB, peranti Thunderbolt dapat dirangkai (daisy-chain) hingga 7 peranti.

Akankah Thunderbolt menggantikan USB? Thunderbolt memang memiliki kinerja dua kali daripada SuperSpeed USB (3.0), tetapi USB kini telah menjadi standar interkoneksi, yang tidak hanya dipakai pada PC. Menurut Intel, yang juga merupakan salah satu pengembang USB, Thunderblot merupakan komplemen dari USB.

Jadi kelihatannya Thunderbolt akan berdampingan dengan USB, seperti yang terdapat pada Apple MacBook Pro sekarang, minimal untuk beberapa tahun ke depan. Seterusnya? Hanya waktu yang akan membuktikan. Dan itu semua tergantung pada pengembangan teknologi keduanya dan dukungan para manufaktur peranti.


Regard

-Wp-